BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 03 Juni 2010

Tips biar Komputer atau Laptop Tidak lambat / lemod

Sedikit penjelasan, selain faktor RAM, ada lagi faktor lainnya yang mempengaruhi kinerja windows, antara lain free space harddisk, fragmented space di harddisk, dan virtual memory. Pada artikel ini, akan dibahas bagaimana cara menambah ukuran virtul memory yang tentunya akan meningkatkan performa windows Anda. Virtual memory ini memfungsikan ruang kosong di harddisk sebagai RAM virtual.
1. Klik Start, kemudian klik kanan pada ikon “My Computer”, pilih “Properties”, maka akan muncul jendela “System Properties”.

2. Pindah ke tab “Advanced”, kemudian klik tombol “Settings” pada bagian “Performance”, maka akan muncul jendela “Performance Options”, kemudian klik tab “Advanced” lagi.


3. Selanjutnya klik button “Change”, maka akan muncul jendela “Virtual Memory”.

4. Pilih salah satu drive yang masih terdapat free space sekitar 2GB. Kemudian klik “Custom size”. Pada bagian “Initial size (MB)” isikan sekira 1024, dan “Maximum size (MB)” isikan angka dua kali lipat dari Initial size. Kemudian klik “Set”, dan “OK”.
5. Angka yang diisikan bebas, umumnya sebesar RAM yang terpasang di system, sebagai contoh RAM 1024MB, maka virtual memory minimum nya adalah 1024, dan maximum 2048. Semakin besar virtual memory, semakin banyak pula aplikasi yang dapat dijalankan (multitasking). Dengan catatan virtual memory ini mengurangi space harddisk.
Cara ini bisa juga untuk mengatasi jika terdapat warning “Virtual memory is too low”.
Semoga membantu… :)

0 komentar: