BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 09 Oktober 2010

Yahoo Messanger buat ubuntu

Siapa c yang ngga tahu linux, system operasi open source yang mulai marak digandrungi. Sekarang ini sudah banyak kampus-kampus yang menggunakan sistem operasi berbasis linux untuk jaringan komputer mereka, bahkan warnet-warnet tak mau kalah. Salah satu system operasi berbasis linux adalah ubuntu 8.04.
Buat kita yang sudah terbiasa dengan windows tentunya agak sedikit canggung saat menggunakan ubuntu, tapi tenang saja.. di ubuntu hampir shortcut keyyang ada pada windows dapat kita gunakan seperti shift+del untuk menghapus tanpa meninggalkan bekas di recycle bin, alt+F4 yang dapat digunakan untuk menutup sebuah aplikasi dan masih banyak lagi shortcut-shortcut yang lainnya.
Ubuntu juga sudah memiliki program aplikasi untuk chatting, Pidgin namanya. Sama halnya dengan Yahoo Messenger. Anda tentu tidak asing lagi dengan YM (Yahoo Messeger) bukan?? Program aplikasi chat yang sudah include di ubuntu adalah Pidgin, pada Ubuntu versi lawas program aplikasi ini bernama Gaim.
Buat kita-kita yang sudah tidak bisa terpisahkan dengan Yahoo Messenger ngga perlu khawatir, karena dengan Pidgin kita bisa chat dengan variasi domain yang cukup banyak. Hampir sama dengan www.meebo.com hanya saja Pidgin sudah terinstall dalam Ubuntu. hehe… enak yah.. jadi chat pun menjadi sangat mudah..
Kalau kita menggunakan Yahoo Messenger pada windows, kita harus menginstall Yahoo Messenger terlebih dahulu dengan terkoneksi internet tentunya, setelah itu barulah kita bisa menggunakan Yahoo Messenger untuk chat dengan rekan-rekan kita yang nun jauh disana.
Terus bagaimanakah Setting Pidgin pada Ubuntu ?
Gampang kok, langkah-langkahnya kurang lebih sebagai berikut :
  1. Klik Application –> Internet –> Pidgin Internet Messenger
  2. Pada Manage Account, Pilih Tab Basic, Untuk Yahoo, Pilih Protocol Yahoo.com
  3. Kemudian Pilih Tab Advance, check page server. Secara default page server akan menggunakan scs.msg.yahoo.com. sangat mudah bukan?!
  4. Namun apabila terdapat pesan error koneksi ke server muncul (karena ini pernah saya alami), cobalah untuk mengubah address page server dengan menggunakan IP address langsung.
  5. yahoo messenger di ubuntu, pidgin
  6. Setelah mengubah page server dengan 66.163.181.170, coba koneksikan lagi. Selamat mencoba..
Simple sekali ya,, berkat adanya pidgin, sekarang pakai linux pun masi bisa chat tanpa kehilangan buddy’s friend yang sudah terindex di Yahoo Messengerkita,, hehe..
Hidup Ubuntu !!

0 komentar: